Minggu, 03 Juli 2011

Hidup Indah dengan Musik

Aku bukan orang yang dilahirkan di keluarga seniman, bahkan dalam keluargaku tidak mengalir darah seni khususnya seni musik. Aku juga bukan orang yang mahir memainkan salah satu jenis alat musik, tapi menjadi salah satu anggota drum band dan vocal group saat SMP membuat aku menyukai musik dan menjadikan musik sebagai salah satu bagian dalam hidupku. Bagiku, musik dapat membangkitkan semangat hidupku. Setiap baris lirik yang disusun dalam sebuah lagu mengandung makna yang indah. Setiap nada yang dirangkai dalam setiap lagu menciptakan sebuah alunan yang sangat indah. Setiap genre musik mempunyai keistimewaan sendiri-sendiri. Aku adalah orang yang menghargai semua jenis musik, tapi ada satu genre musik yang tidak aku senangi dan ada juga satu jenis musik yang tidak aku sukai. Sebelum aku melanjutkan tulisan ini, aku harus menggaris bawahi dahulu makna dari kata "tidak senang" dan "tidak suka". Menurut aku, ada perbedaan makna antara "tidak senang" dan "tidak suka". Dalam kamus aku, "tidak senang" berarti aku tidak mau tahu tentang suatu hal dan aku tidak akan pernah menyentuh hal itu, sedangkan "tidak suka" berarti aku mempunyai keinginan untuk mengetahui suatu hal tapi ada kalanya aku benci terhadap hal itu. Dangdut adalah jenis musik yang tidak aku senangi. Mengapa? Karena image tentang penyanyi dangdut yang "seperti itu" membuat aku sudah tidak tertarik untuk mendengarkan musik dangdut apalagi sampai menyukainya. Tapi, aku tetap menghargai musik itu dan orang-orang yang ada di dalamnya karena musik itu dibuat untuk menghibur orang lain.

Lagu-lagu melow yang mendayu-dayu, slow, dan penuh lirik yang menyayat hati adalah jenis musik yang tidak aku suka. Why? Soalnya lagu2 itu hanya pas didengerin waktu aku sedang galau dan bukan untuk membangkitkan semangat. Rock adalah musik yang aku suka, karena musik ini bisa merubah moodku. Ketika aku bete, marah atau bahkan ketika aku sedih musik ini bisa membuat aku melupakan masalah yang sedang aku hadapi. Selain itu, lirik2 dalam lagu beraliran rock itu simpel tapi mengandung makna yang dalam sehingga mendengarkan satu kali pun aku sudah dapat menebak maksud dari lagu itu.

Well, music is my life....,sehari ga dengerin music rasanya ada yang kurang dari hidupku. Rock music adalah jenis music yang paling aku suka, tapi aku selalu berusaha untuk menghargai orang-orang yang menyukai jenis musik lain. Apapun musik yang dipilih orang lain, itu adalah pilihan mereka. So, jangan jadikan musik sebagai salah satu alat untuk menciptakan sebuah perpecahan. Jadikan musik itu sebagai alat untuk membuat hidup kita menjadi indah. Dan aku sendiri sudah merasakan kalau hidup aku bisa menjadi indah dengan musik.